Monday, June 13, 2011

WISATA COKELAT DI BELGIA


Mengapa cokelat Belgia begitu terkenal?

Cokelat Belgia (Belgian Chocolate) memiliki rasa coklat murni karena tidak ada penambahan bahan pengganti mentega cacao (butter cacao) sebagai lemak nabati yang digunakan.  Jenis kakao, perkebunan kakao, proses fermentasi dan penyangraian biji kakao merupakan faktor kunci dalam menemukan rasa yang tepat dari cokelat yang dihasilkan di Belgia. 


Cokelat Belgia tradisional adalah campuran pasta kakao, gula dan mentega kakao dalam proporsi yang bervariasi. Cokelat Belgia ‘Dark (Noir) chocolate’ menggunakan kakao paling banyak sampai lebih dari 70 %, cokelat  campuran susu ‘ Milk (Lait) chocolate sekitar 30-50 % kakao, dan cokelat putih ‘White (blanch) Chocolate’ dibuat hanya dengan  mentega kakao.Cocoa dan susu.

Sebagian besar wisatawan tahu coklat belgia terkenal seperti ’ cokelat truffle   dan cokelat gourmet. Belgia dikenal sebagai Ibukota Eropa tetapi juga ada beberapa yang menganggap Ibukota Chocolate juga.

Menurut International Cocoa Organization, Belgia adalah peringkat nomor dua  konsumsi per kapita coklat, dengan Belgia menikmati rata-rata 11,03 kilogram per tahun. 

Praline adalah cokelat yang diisi dengan berbagai rasa yaitu cokelat Belgia yang paling populer. Harga sesuai kualitas di antara€ 30 dan € 58 per kilogram. Suatu tradisi di beberapa toko cokelat adalah menggunakan sarung tangan putih dalam melayani pembelinya untuk menyerahkan praline yang dipilih.



 Sejarah cokelat Belgia

Belgia diperkenalkan pada biji kakao pada awal abad ke-17 ketika bangsa ini dikuasai oleh Spanyol (yang ditemukan penjelajah buah di Amerika Selatan). Coklat pertama kali dinikmati sebagai minuman bukan makanan seperti saat ini dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk menikmati minuman campuran cokelat  daripada di Grand Place yang indah tersebut.  Tempat tersebut banyak dikunjungi anggota kerajaan, para bangsawan dan artis yang kala itu ingin merasakan nikmatnya minuman cokelat. Bahkan pada 1697, Henri Escher, walikota Zurich, Swiss begitu antusias dengan minuman cokelat yang dialaminya di Brussels kemudian ia memperkenalkan ide  ini untuk Swiss. Ironisnya, hari ini, coklat Swiss merupakan pesaing utama dari coklat Belgia.

Tahap berikutnya adalah mencari pasokan kakao untuk memenuhi kebutuhan cokelat Belgia. Pasokan itu ditemukan di Afrika oleh Raja Leopold II yang menjajah Kongo  pada  tahun 1885. 

Toko  cokelat pertama di Belgia  adalah Neuhaus, dibuka di Brussels pada tahun 1857 dan sampai kini masih ada.  Pada tahun 1912 Jean Neuhaus menemukan kulit cokelat yang bisa diisi dengan krem atau selai kacang. Lahirlah cokelat pralin Belgia. Sejak awal cokelat digunakan sebagai hadiah di Belgia. Tidak heran bawa cokelat pralin menjadi salah satu hadiah yang paling populer di Belgia.

Mulai dari toko cokelat lokal (chocolateries), supermarket dan ratusan produsen cokelat bersaing  untuk pasar dalam negeri, beberapa yang sudah mendunia, seperti gambar gajah sebagai lambang Cote d'Or, Godiva, dan Guylian  yang berbentuk. kerang laut


Beberapa Toko Cokelat di Belgia

Yang unik tentang Belgia dan cokelat mereka (serta mereka yang berkunjung di sini) adalah bahwa mereka hanya harus pergi ke sudut jalan ke salah satu dari ribuan toko lokal coklat Belgia untuk membeli beberapa coklat terbaik di dunia. Belgia telah membuat coklat terbaik di dunia selama lebih dari satu abad dan penduduk lokal hanya menikmati cokelat yang baik sebagai bagian dari kesehariannya .

Ada sekitar 300 perusahaan coklat Belgia, ribuan tempat untuk membeli coklat, dan ratusan jenis cokelat untuk menggoda langit-langit  mulut dan memiringkan timbangan. Belgia memproduksi kurang lebih 172.000 ton coklat per tahun dijual di lebih dari 2.130 toko coklat Belgia.  Setiap kota Belgia dari berbagai ukuran memiliki toko-toko coklat Belgia, kota-kota besar memiliki merek mereka sendiri dan cokelat yang khusus seperti di Antwerp (Burie, Del-Rey dan Goossens), Brugge (
Dumon, Sukerbuyc ,  Chocolatier Pralinette) dan tentunya di Brussel (La Maison du Chocolat, Mary Chocolatier, Debailleul, Wittamer, Chocolat Manon, Côte d'Or, Planete Chocolat, Passion Chocolat).

Beberapa produsen cekelat yang telah memiliki beberapa cabang di Belgia antara lain :
Leonidas : memiliki cabang di semua kota Belgia dan beberapa di luar negeri. Harga cukup murah dan kualitas yang dapat diterima. Jika kita bukan penikmat cokelat profesional kita tidak akan merasakan perbedaan rasa  dengan jenis produk cokelat lainnya (harga sekitar 5 Euro untuk 250gm).
Godiva: juga meniliki banyak cabang di setiap kota  harga coklat dengan kualitas tinggi yang cukup mahal.
Neuhaus: banyak cabang di seluruh kota. Sedikit lebih mahal daripada Leonidas dan dengan kualitas sedikit lebih tinggi.
Marcolini: Salah satu cokelat Belgia terbaik - harga sesuai dengan kualitas.
Guylian : khas dengan bentuk kerang lautnya.

Tour dan demonstrasi cokelat

Selain berbelanja cokelat maka untuk  melengkapi wisata cokelat di Belgia, tersedia tempat-tempat menarik untuk di kunjungi. 
La Maison des Maîtres Chocolatiers Belges (Brussels),
Rumah ini adalah
memamerkan dari 10 pengrajin cokelat unggulan tradional.. Kita dapat mencicipi atau membeli kreasi mereka serta menikmati coklat panas krem-
Zaabär (Brussels)
Mereka menawarkan semacam demo untuk anak-anak dan orang dewasa!
Musée du cacao et du Chocolate (Brussels)
Di sini kita dapat mengetahui mulai tahapan produksi cokelat  dari kakao sampai  pembuatan cokelat.
Planète Chocolate (Brussels)
Dapat mempelajari semua rahasia dari master pembuat cokelat.

Untuk demo cokelat ada beberapa penyelenggara seperti :
Le Chocolatier Manon (Brussels
), Chocolaterie Duval (Brussels), La Maison du Chocolat (Brussels), Chocolaterie Jamart (Brussel), Goossens Chocolatier yang diselenggarakan  pada hari-hari tertentu.  Selain itu ada Museum cokelat di Eupen, Harze dan Brugge, Ardeen, dimana kita dapat informasi lengkap tentang cokelat.  Tak kalah penting di Wieze ada Chocolate Institute 'Barry Callebout' yang menyelenggarakan secara periodik kursus-kursus pembuatan berbagai jenis cokelat untuk komersial.

Terakhir tersedia paket-paket tur wisata coklelat sampai mengunjungi pabrik cokelat yang diselenggarakan oleh beberapa biro wisata seperti Intrend Tours, La Fonderie, Belgian chocolate tour, Tournai tourist Office dan masih banyak lagi penyelenggara tour terkait dengan keunggulan cokelat di Belgia.  Bahkan Festival Cokelat menjadi salah satu agenda yang regular diadakan di beberapa kota wisata di Belgia.

Cokelat menjadi salah satu produk unggulan dan meningkatkan nilai pariwisata di Belgia...

                                                                                                                                  Oleh:  Mira Suprayatmi
dari beberapa sumber :

No comments:

Post a Comment